Pages

Saturday, February 22, 2014

UN 2014 15 Persen Soal dari Perguruan Tinggi dan Soal-soal Internasional

Pemerintah Indonesia semakin serius dalam menata dunia pendidikan di Indonesia. Hal ini terlihat diberlakukannya Ujian Nasional (UN) sebagai syarat bahwa seseorang siswa telah tamat dan bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Meski banyak suara sumbang yang menghujat UN yang dirasa kurang tepat sebagai indikator utama lulus atau tidaknya seorang siswa.  Terlepas daripada itu pelaksanaan UN yang sudah hampir 10 tahun hingga sampai sekarang masih dilaksanakan. Dari tahun ke tahun mutu pelaksanaan UN terus ditingkatkan mulai dari ambang batas nilai kelulusan hingga jumlah paket soal yang mencapai 20 paket.

UN tahun 2014 sendiri menjadi tanda diintegrasikanya UN dengan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Yang artinya nilai UN dijadikan sebagai syarat seseorang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Hal ini khusus berlaku bagi siswa menengah atas (SMA) dan sederajat. Selain menggunakan nilai UN, SNMPTN juga menggunakan nilai rapor siswa. Penggunaan UN untuk SNMPTN merupakan gabungan nilai rapor yang sudah diberi bobot. Nantinya, nilai UN murni digunakan sebagai dasar seleksi SNMPTN. Adapun, bobot nilai ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi.

Berkenaan dengan hal tersebut dalam UN tahun 2014 ini sebanyak 15 persen. soal akan disumbang dari kalangan perguruan tinggi. Dikutip dari republika.co.id menurut Staf Khusus Mendikbud bidang Komunikasi dan Media, Sukemi mengatakan bahwa kalangan perguruan tinggi menyumbang materi soal UN 2014 sebesar 15 persen. Menurutnya pula, selain dari kalangan PT, komposisi 15 persen itu juga diambil dari soal-soal yang diujikan di tingkat internasional seperti PISA (Progamme for International Student Assessment). Sedangakan sisanya akan disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Wah.. UN tahun 2014 jadi semakin greget. Selamat berjuang bagi para siswa yang akan menempuh UN dan semoga sukses.

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru