Pages

Monday, May 5, 2014

Siap-siap Seleksi CPNS 2014 akan dibuka Juni Ini


Seperti yang telah gencar-gencar diberitakan oleh beberapa media baik cetak, elektronik maupun media online seleksi CPNS 2014 nampaknya akan segera diselenggarakan. Pada tahun ini pemerintah menyediakan 100.000 lowongan untuk menjadi PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk seluruh wilayah Indonesia

Seperti yang saya kutip dari kompas.com pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akan membuka kesempatan masyarakat untuk mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014. Pihaknya akan menggelar Job Fair CPNS 2014 di Hotel Sahid, Jakarta, pada 16 Juni-17 Juni mendatang. Acara itu akan digelar bersamaan dengan pameran inovasi pelayanan publik dari seluruh daerah di Indonesia. 

Menurut Wamen PAN-RB Eko Prasojo pengumuman posisi apa saja yang lowong akan  diumumkan, dengan demikian diharapkan kementrian atau lembaga dan pemda bisa menarik minat masyarakat untuk mendaftarkan diri.

Secara umum rincian penerimaan pada tahun ini terdiri dari 60.000 lowongan menjadi PNS dan 40.000 orang menjadi PPPK. PPPK sendiri merupakan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang dalam penugasanya terikat kontrak jadi PPPK bukanlah honorer ataupun pegawai tidak tetap. PPPK bisa dikontrak minimal 1 tahun masa kerja dan bisa diperpanjang lagi sesuai kebutuhan kementrian atau lembaga dan pemda tempat PPPk dikontrak.

Proses seleksi CPNS 2014 melanjutkan sistem yang telah dilakukan sebelumnya, yaitu dengan online. Pelamar memasukkan data lewat sistem online, lantas proses seleksi menggunakan sistem computer assisted test (CAT).

Sistem yang lebih ketat juga diberlakukan pada kementerian atau lembaga (K/L) dan pemda yang tak menggunakan sistem CAT, tak akan diberi formasi. Tes CPNS akan dilakukan mulai pertengahan Juni hingga Oktober.

Sementara itu, bagi daerah yang belum memiliki sistem CAT, tes bisa dilakukan di 12 kantor regional Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan 2.400 titik lokasi kantor Kemendikbud yang telah melakukan uji profesi untuk guru

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru