Pages

Thursday, January 16, 2014

Guru Inti akan dihapus dalam Implementasi Kurikulum 2013

Seperti yang kita ketahui dalam tahapan implementasi kurikulum 2013 guru inti mempunyai peran dalam memberikan informasi mengenai kurikulum 2013 ke guru sasaran. Namun menurut sumber yang saya baca kemarin (kompas.com) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menghapus peran guru inti dalam implementasi kurikulum 2013. Hal ini dilakukan agar implementasi kurikulum itu dapat lebih efektif dan efisien. Sebelumnya runutannya adalah dari pelatihannya ke instruktur nasional, ke guru inti, dan guru sasaran.

Berdasarkan hasil evaluasi implementasi kurikulum 2013 yang dilakukan terbatas dan bertahap tahun lalu, diketahui ada banyak kekurangan. Setelah dirunut, kekurangan itu disebabkan banyaknya tahap yang harus dilalui sampai kurikulum tersebut benar-benar diterapkan pada peserta didik. Dengan dihapuskanya pran guru inti diharapkan guru sasaran akan lebih paham konsep dan materi mengenai kurikulum 2013 dan Pelatihan guru sasaran akan dilakukan langsung oleh instruktur nasional.

Jika seperti ini, implementasi kurikulum 2013 akan berjalan lebih baik karena proses penerimaan informasi yang langsung dari instruktur nasional. Tidak seperti sebelumnya proses penerimaan yang melalui beberapa tahapan sehingga mengakibatkan tafsir informasi yang berbeda-beda dikalangan guru sasaran maupun guru inti.


Tentunya, hal ini harus dibarengi dengan ketersediaan intruktur nasional. Apabila jumlah intrukturnya sedikit hal ini akan mengakibatkan gap waktu penerimaan informasi.. Jumlah instruktur hendaknya disesuaikan dengan jumlah guru sasaran. Sehingga, implementasi kurikulum 2013 dapat berjalan lancar dan serentak.

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru